Jenis Animasi

Secara teknis animasi adalah sekumpulan gambar yang berurutan (sequence) dan memberikan ilusi gerak bagi yang melihatnya.
Namun secara pengertian saya lebih suka mengatakan kalau Animasi adalah MEMBERIKAN KESAN HIDUP. Untuk itu jangan sombong dulu apa bila kita hanya bisa membuat objek bergerak dengan menggunakan software animasi dan kita sudah mengatakan “aku sudah bisa membuat animasi!” lihat lagi, apakah gerakan yang kita buat tadi sudah “hidup”?

Untuk dapat memberikan kesan hidup pada karya animasi kita tentu tidaklah mudah. tapi dengan belajar terus menerus, referensi, dan ilmu tentunya kita bisa membuat animasi.
oh ya..cek juga posting saya tentang prinsip animasi untuk dasar kita membuat animasi karakter.

Jenis animasi

Anda mungkin sudah mengetahui beberapa jenis atau tipe animasi. tapi kebayakan kita mengatakan hanya 2 dimensi dan 3 dimensi saja. Yang sebenarnya itu hanyalah jenis animasi ditinjau dari aspek visual saja.

untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis animasi:

1. Animasi tradisional

Film Steamboal Willie karya Walt Disney tahun 1928

Atau yang lebih dikenal dalam bahasa inggris “traditional animation”, atau bisa juga CEL animation. Dikatakan tradisional karena dibuat dengan menggunakan gambar tangan. dan teknik ini adalah jenis animasi pertama yang ada di dunia. disebut cel karena pada awalnya animasi ini dibuat dilembaran yang disebut celluloid, yaitu lembaran kertas yang trasparan. Namun  metode ini sudah jarang atau bahkan tidak di gunakan lagi sejak tahun 1990 karena munculnya teknik animasi dengan komputer.
Kebanyakan kita mengatakan jenis animasi ini adalah animasi 2 dimensi. hal ini dikarenakan wujud/visual dari animasi ini berkesan flat/datar, sehingga dikatakan animasi 2 dimensi.

menggambar diatas plastik celluloid

teknik membuat animasi tradisional

2. Animasi Komputer
Atau bisa juga disebut CGI (computer Generated Imagery) adalah produk animasi yang di kerjakan dengan menggunakan komputer. Jangan salah, hasil animasi komputer juga bisa berwujud 2 dimensi. oleh karena itu saya kurang setuju jika kita mengatakan animasi 2 dimensi untuk mewakili jenis animasi tradisional tadi.
Animasi komputer bisa berwujud 3 dimensi dan juga 2 dimensi. Beberapa software animasi yang biasa digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi adalah: autodesk 3ds max, autodesk maya, blander, softimage, cinema 4D, lightwave, dan masih ada beberapa lagi.

Sedangkan software animasi untuk membuat karya animasi 2 Dimensi antara lain: Adobe Flash, Anime studio, Cartoon Television Program, Toon Boom, Corel Rave, dan sebagainya.

Teknik animasi yang bisa dibuat dengan menggunakan Komputer ada beberapa metode:

A. Manual.
Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh. seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator.Biasanya digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti cars, nemo, toy story, dan lainnya. karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu adalah hasil rekaan manusia. dan tentu sudah di lebih-lebihkan (juga prinsip animasi yang lain)

B. Motion Capture
Adalah metode animasi yang menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital kita. Teknik ini tentu akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya. misalnya pada film Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samurai (animasi kuda)

Contoh video motion capture

C. Dynamic simulation
Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan. lalu disimulasikan secara realtime. terdapat bebebrapa penghitungan sebelum objek di animasikan, misalnya berat/massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain sebagainya. contoh animasi yang menggunakan metode ini: animasi bola jatuh, kain, percikan air, benda hancur, rambut dll

D. Particle
Adalah sekumpulan objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola. misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.

3. Animasi Stopmotion
Jenis animasi yang ketiga ini adalah animasi yang menggabungkan unsur fotografi dan gerak. untuk anda yang tidak bisa menggambar namun memahami prinsip animasi maka anda bisa membuat animasi dengan teknik stopmotion. karena anda hanya perlu memotret objek secara berurutan dan teratur.

Jenis animasi stopmotion:
A. Clay.
disebut clay karena bahan utama yang digunakan untuk membentuk objek/karakter adalah lilin/malam. lalu lilin tersebut di gerakkan sedikit demi sedikit sambil di rekam dalam bentuk foto


B. Cutout.
adalah teknik animasi stopmotion dengan menggunakan kertas yang di potong-potong dan di rangkai seperti halnya wayang kulit


C. lain lain:
seperti puppet animation/boneka, drawing: menggambar pada papan tulis atau media lain.


4. Hybrid
atau dikenal juga dengan mix media. adalah percampuran dari beberapa teknis animasi yang sudah disebutkan di atas. misalanya animasi komputer di padu dengan animasi tradision

oleh Dody Priyatmono || dody_animation@yahoo.com

One thought on “Jenis Animasi

  1. masih memahami jenis animasi pak.
    hehe
    tradisional, stop motion, komputer.
    masing2 ada pembagian tekniknya lagi ya?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s