Animasi kamera dengan software Blender

coverHi teman-teman….

Kali ini saya akan bagikan teknik membuat animasi kamera dengan software blender. Hal ini sangat penting sekali tentunya, terutama bagi yang ingin membuat film dengan penataan kamera dan animasi kamera yang baik. oke tanpa berpanjang-panjang lagi, langsung saja kita simak video tutorial berikut ini. jangan lupa bila ada pertanyaan teman-teman bisa langsung email saya di dody_animation@yahoo.com atau tinggalkan komentar dibawah ini.

video lain yang berhubungan dengan teknik animasi disoftware blender:

Promo video tutorial Blender complete #2, Belajar blender pakai video berbahasa Indonesia.

Dapatkan Video tutorial Blender yang lengkap dan bermutu. Dengan harga yang terjangkau dan sajian materi yang berkualitas serta mudah dipahami, bahkan untuk pengguna awan sekalipun.

 

Tutorial versi teks:

oke langsung saja kita mulai dari tutorial pertama.
A. cara mengaktifkan dan mengatur sudut pandang kamera.
Saat pertama kali kita membuka software Blender maka akan diajukan dengan tiga objek standar, yaitu; objek CUBE (kotak), kamera, dan satu lampu.

18-06-2013 6-53-33
Sekarang coba kita klik tab RENDER > kemudian klik tombol RENDER

18-06-2013 6-54-24
Maka sekarang kita akan melihat hasil render. Nah gambar yang dihasilkan oleh proses render tadi adalah gambar yang dikomposisikan oleh frame kamera. sehingga kadang kita bingung cara menentukan frame yang baik untuk dirender kalo kita belum tahu cara mengaktifkan kamera.

18-06-2013 6-55-23
Cara mengaktifkan kamera adalah dengan meng-klik menu VIEW > CAMERA, atau bisa juga dengan menekan keyboard angka NOL pada NUMPAD.

18-06-2013 6-58-41
Nah setelah diaktifkan mode view kamera barulah kita atur sudut pandang kamera agar mendapatkan view yang paling baik untuk dirender.
cara lain untuk mengaktifkan view kamera adalah dengan mengatur sudut pandang view user perspective terlebih dahulu.

18-06-2013 6-55-56

lakukan pengaturan view dengan menggunakan klik pada mouse tengah anda sampai mendapatkan view yang paling oke. kemudian tekan keyboard: CTRL+ALT+ 0 (numpad)

18-06-2013 6-56-42

Setelah berada didalam tampilan/VIEW CAMERA sekarang kita akan mengatur dan menyempurnakan sudut pandang kamera. cara pertama kita bisa menggunakan SHIFT+F kemudian geser mouse keatas-bawah, kanan-kiri dan scroll.

18-06-2013 6-57-14

Cara lain adalah dengan mengaktifkan LOCK TO CAMERA VIEW yang ada di jendela PROPERTIES. tekan N untuk memunculkan jendela PROPERTIES, dan buka rollout VIEW > kemudian nyalakan LOCK CAMERA TO VIEW. dengan menggunakan fasilitas ini kita bisa dengan mudah mengatur sudut pandang kamera saat kita berada di dalam view camera.
18-06-2013 6-57-36

B. animasi kamera.
Dibagian kedua ini saya akan menerangkan tentang cara menganimasikan kamera. Pada dasarnya teknik menganimasikan kamera adalah sama saja dengan teknik animasi objek yang lainnya.
Oke kita mulai saja,
1. Yang pertama kita sebaiknya berada didalam tampilan kamera (klik angka NOL pada numpad).

18-06-2013 6-58-41
2. Pastikan posisi timeslider di frame 0 atau 1 (lihat angka 1 pada gambar)

18-06-2013 7-14-02

3. Aktifkan kamera. caranya klik kanan pada frame kamera hingga berwarna orange (lihat angka 2 pada gambar diatas)
4. Tekan I pada keyboard dan pilih LOCATION. dengan begitu kita sudah menyimpan posisi dari kamera di frame 0 (lihat angka 3 pada gambar diatas)
5. Geser view kamera dengan menggunakan G kemudian geser mouse anda untuk mendapatkan tampilan/view berikutnya

18-06-2013 7-17-55
6. Posisikan time slider di frame 100 misalnya. lihat angka 2 pada gambar dibawah. isikan angka 100 pada kolom current frame tersebut

18-06-2013 7-15-57
7. Kembali tekan i pada keyboard untuk membuat keyframe, dan telan LOCATION

18-06-2013 7-19-35
Nah sekarang saat kita tekan play, atau ALT+A maka kita akan mendapatkan animasi kamera yang kita inginkan.

Hal lain yang perlu anda ketahui juga adalah, bagaimana mengatur speed pergerakan kamera. ada kalanya pergerakan kamera yang kita hasilkan tadi terlalu cepat atau bahkan terlalu lambat. caranya dalah seperti berikut:
1. Buka jenderla DOPESHEET

18-06-2013 7-29-57
2. Aktifkan kamera (klik kanan pada frame kamera)

18-06-2013 7-13-08
3. Anda akan meliat dua posisi titik (keyframe), yaitu dikanan dan dikiri.18-06-2013 7-31-29
bila salah satu posisi itu di geser maka akan menbuat efek pergerakan menjadi berubah.
untuk mempercepat gerakan maka sebaiknya posisi jarak antar kyframe diperdekat. untuk membuat lebih lambat berarti kebalikannya, yaitu diperjauh jarak antar keyframe.

18-06-2013 7-31-55
oke demikian tutorial sederhana ini, semoga bisa memberikan banyak manfaat buat teman-teman semua. salam animasi.
jika berkenan anda bisa share ke facebook anda supaya semakin banyak teman2 yang jadi jago animasi tentunya.

7 thoughts on “Animasi kamera dengan software Blender

  1. Pingback: Dody Animation Tutorial Blender baru | Dody Animation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s