Teksturing ikan hiu

blender shark texturing

Melanjutkan tutorial modeling ikan hiu, disini saya akan teruskan dengan tutorial teknik teksturing ikan hiu. Pada dasarnya dalam melakukan teksturing ini saya menggunakan UV unwrap yang sebelumnya kita lakukan metode pembuatan pola objek terlebih dahulu atau yang biasa disebut dengan mark seam. Seperti halnya membuat pola pakaian, maka disini juga kita harus bisa menentukan bagian mana saja yang akan dipotong untuk pola unwrap. Setelah dilakukan metode mark seam tadi, selanjutnya kita lakukan penyimpanan pola seam dalam bentuk file PNG. File PNG memungkinkan kita untuk menyimpan alpha channel/transparansi image, sehingga nantinya yang terlihat hanya garis-garis segment objek. Untuk melakukan painting saya menggunakan software adobe photoshop. Anda bebas saja mau menggunakan software painting mana yang akan digunakan. Setelah proses painting selesai selanjutnya tinggal mengaplikasikan kembali tekstur format jpg kedalam objek di software blender. Sangat mudah sekali. Namun begitu diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam proses ini. Oke selamat mencoba.

 file UV tekstur

file tekstur jadi

file Blender

Tutorial Modeling ikan hiu

Sekali lagi, bila anda merasa masih kesulitan dalam mengikuti tutorial ini saya sarankan untuk menikuti tutorial blender basic saya terlebih dahulu yang saya kemas dalam bentuk DVD tutorial blender complete #1

promosi03

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s