Modeling karakter Mike Monster University (tutorial TEKS)

MODELING mike monster university blenderPada bagian sebelumnya saya sudah memposting video tutorial membuat karakter Mike juga. dan bila dilihat dari grafik pengunjung saya menyimpulkan banyak pengunjung website DodyAnimation ini yang suka dengan tutorial modeling karakter.

Media tutorial berbentuk video menurut saya sangat jelas dan enak digunakan untuk belajar software. Karena disana kita bisa melihat langsung prosesnya seperti kita berada dekat dengan instruktur/tutor. Suara dan video adalah dua faktor teknis yang saling menunjang untuk tersampaikannya materi dengan jelas. Namun bukan berarti video tutorial juga tidak memiliki kekurangan, terutama bila diakses melalui jaringan internet. Banyak diantara teman-teman yang mengeluhkan koneksi yang jelek, dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk melihat video tutorial. Hal ini juga menjadi perhatian saya kedepannya. Kedepan setiap video tutorial akan saya dampingi dengan media tutorial teks atau PDF yang juga bisa digunakan untuk sarana belajar. Nah dalam kaitannya dengan itu kali ini saya memposting lagi tutorial modeling Mike dalam bentuk teks tutorial. dan Semoga tutorial teks ini bisa membantu teman-teman yang tidak memiliki koneksi yang baik untuk melihat video tutorial.

Oke, langsung saja saya mulai tutorial modeling Mike monster university yang dibuat dengan menggunakan sofgtware blender.

catatan. Didalam tutorial teks ini saya hanya menjelaskan pokok-pokok teknik modeling saja. tidak ada keterangan detail tentang tools yang saya gunakan, atau keyboard shortcut. Karena saya anggap teman-teman sudah menguasai dasar penggunaan software Blender. Bila belum menguasai dasar-dsarnya maka saya sarankan untuk melihat tutorial berikut ini dulu.

1. Disini saya menggunakan software Blender versi 2.6xx
2. Buka software Blender
3. Gunakan objek kotak yang sudah ada. masuk ke edit mode dan bagi objek menjadi 2 sub division. gunakan W > subdivision.01 buat cube

02 masuk edit mode w subdivide
4. Buat objek menjadi bundar dengan cara klik W > smooth, dan atur nilai smooth menjadi 4 pada kolom tools (T)02 w dan smooth04 nilai smooth
5. Nah ini hasilnya05 setelah di smooth
6. Berikan modifikasi Sub division surface untuk memperhalus bentuk06 tambahkan modifikasi sub surface modif nilai 2
7. Atur nilai view dan render yang ada di modifikasi sub division surface menajadi 207 modif sub surf
8. Potong bagian tengah dengan menggunakan tool cut loop (ctrl+R)08 cut loop ditengah
9. Begitu juga pada sisi yang lainnya. lalu atur agar bentuknya menjadi lebih bundar09 cut loop lagi
10. Delete sebagian objek. Disini saya mendelete bagian sisi kanan. gunakan fiew tampak depan lurus (front ortho)10 delete sebagian
11. Nah ini bentuknya bila sudah didelete sebagian11 setelah didelete
12. Berikan modifikasi miror untuk membuatnya kembali utuh. Jangan lupa letekkan modifikasi miror diatas modifikasi sub surf12 urutkan modifikasi
13. Aktifkan seleksi face, seleksi 4 buah face disamping untuk kita gunakan sebagai bakal tangan.13 membuat tangan
14. Lalu extrude (E) dan scale (S) untuk mengecilkan bentuk seperti pada gambar. lalu atur supaya bentuknya menjadi melingkar (bukan kotak)14 vertex di atur supaya bundar
15. Kembali seleksi 4 buah face tadi, dan15 seleksi
16. Extrude beberapa kali untuk kita jadikan sebagai tangan16 extrude
17. Potong-potong/cut loop sesuai kebutuhan, dan atur posisi masing-masing edge17 potong-potong
18. Dan inilah bentuk lengan tangan yang sudah selesai18 akhir dari video satu
19. Kita akan gunakan gambar acuan untuk membantu kita dalam proses pembuatan model. gunakan jendela outliner untuk kita gunakan sebagai jedela uv image editor19 ubah jendela outliner jadi uv image
20. Gunakan gambar acuan yang jelas, atau bisa downlod disini20 gunakan gambar reverensi
21. Nyalakan proportional editing (O)21 nyalakan porportional editing
22. Oh iya aktifkan juga mode cliping yang ada di modifikasi miror22 nyalakan cliping di miror
23. Atur bentuk kepala agar tidak bundar 100%, tapi agak oval. atur nilai porportional editing agar sesuai keinginan dengan cara di scrool (mouse)23 atur menjadi oval
24. Nah sekarang kita buat tempat bola mata. Potong face dengan menggunakan Knife tool (K)24 membuat tempat mata
25. Dan seleksi face25 tempat mata di extrude
26. Extrude dan scale untuk membuat seperti pada gambar berikut26 tempat mata
27. Extrude kedalam untuk membuat sebagai tempat bola mata27 tempat mata
28. Oke sekarang kita akan membuat objek uv sphere yang akan kita gunakan untuk bola matanya, sekaligus untuk menjadi pedoman pembuatan kelopak mata28 buat objek sphere untuk acuan
29. Tempatkan objek uv sphere tepat pada lubang mata yang sudah kita buat tadi29 tempatkan obj sphere di atas
30. Tambahkan segment untuk memperdetail bentuk mata30 saatnya improve
31. Nah ini hasilnya kalo sudh kita perdetail31 detail mata atas
32. Tampak depan mata32 akhir video 2
33. Sekarang kita akan membuat mulutnya. Aktifkan seleksi face untuk tempat mulut33 tempat mulut
34. Lalu extrude dan scale sehingga kita dapatkan bentuk seperti pada gambar34 extrude dan scale
35. Extrude kedalam35 extrude lagi kedalam
36. Atur bentuk mulut agar menjadi lebih baik. pada tahap ini diperlukan ketelitian, ketelatenan dan kesabaran anda.36 atur lagi bentuk mulut
37. Atur terus bentuk mulut37 atur bentuk mulut
38. Oke bentuk mulut sudah jadi38 mulut lagi
39. Sekarang kita buat kaki. Aktifkan dua buah face yang ada di bawah39 kaki
40. Lalu extrude dan scale40 kaki edi extrude
41. Extrude lagi untuk mendapatkan bentuk kaki yang panjang41 kaki
42. Sekarang kita buat telapak kaki42 telapak kaki
43. Extrude dan atur posisi vertex agar menjadi baik43 masih telapak kaki
44. Oke telapak kaki sudah jadi44 kaki
45. Seleksi seluruh face telapak kaki, lalu nyalakan proportional editing (O), dan rotasi di sumbu z untuk membuat telapak kaki agak berputar (terbuka)45 akhir video 3
46. Sekarang kita buat telapak tangan. extrude face tangan46 telapak tangan
47. Extrude lagi, dan mulailah mengextude tiap jari47 telapak tangan
48. Untuk model jadi ini saya hanya membuatnya dengan bentuk yang sangat sederhana. saya tidak mau terlalu kompleks sehingga membingungkan pengguna awam. Namun bagi teman-teman yang sudah mulai menguasai tools modeling, silahkan diperdetail48 jari
49. Bentuk jari tampak atas49 jari
50. Sekarakng kita buat jadi jempol. lebih budah kalo dilihat dari tampak atas50 jempol
51. Dan jari jempol sudah jadi51 tangan selesai
52. Dengan selesainya modeling jempol tadi berarti kita sudah selesai membuat modeling tangan52 tangan selesai
53. Sekarang kita buat tanduk. Tanduk sangat mudah sekali. Cukup kita seleksi dua buah face yang ada di kepala, dan extrude53 tanduk
54. Extrude dan scale, kemudian di rotasi54 tanduk
55. Ah mudah sekali untuk membuat bentuk tanduk55 tanduk
56. Untuk bentuk gigi saya menggunakan sebuah objek plane yang saya extrude57 gigi
57. Bentuk gigi juga sangat sederhana. Cukup di extrude dan cut loop saja. Scale untuk mengatur ukurannya58 gigi
58. Duplikat gigi yang sudah jadi, lalu skala dan rotasi untuk menempatkan pada posisinya
59. Yap dan akhirnya bola mata. Gunakan bentuk UV Sphere yang sudah ada60 mata
61. kemudian seleksi face ini61 mata
62. Lalu tarik kebelakang.61 mata
63. Dan model Mike sudah jadi…63 finish mata

Catatan. Untuk keterangan tahapan yang lebih jelas dan detail anda bisa melihat langsung pada video tutorial.

Nah kalo teman-teman sudah selesai membuat modelnya, tahap berikutnya kita bisa teruskan untuk mewarnai objek mike, kemudian memberikan tulang, lalu membuat ekspresi wajah  (shape key), kemudian rigging wajah dengan drivers. Semua tutorial lanjutannya ada disini.

Tutorial teksturing Mike:mike teksturing

Tutorial rigging Mike:mike rigging

Tutorial ekspresi wajah (shape key) Mike:mike shapekey

Tutorial drivers Mike:mike drivers

Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s