3ds max vs Blender [versi dody animation]

blender vs 3ds max

Sebelum saya mendalami dan mengenal animasi sebenarnya diawali dengan mengenal softwarenya terlebih dahulu. Saat itu tahun 1998 software animasi yang paling terkenal adalah Alis wavefront maya dan discreet 3d studio max. Tapi karena dosen saya saat itu mengajarkan dengan  software 3d studio max maka saya pun ikut aliran 3ds max. Setelah sekian tahun saya berkutat dengan software tidak terasa juga ilmu animasi saya terus bertambah. Hingga saat ini sudah 16 tahun saya menggunakan software 3ds max dan hampir semua tools saya kuasai. Dan dengan modal itu saya pun berani untuk mencoba software animasi 3D yang lain. Software animasi yang saya gunakan saat ini selain 3ds max adalah Blender. Kenapa saya memilih blender?

Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang alasan saya memilih Blender setelah 3ds max. Mungkin artikel bisa menjadi referensi teman-teman dalam menentukan software animasi apa yang akan digunakan. Karena banyak sekali yang bertanya ke saya “bagus mana antara software xx dan yy”, atau “lebih mudah mana antara software xx dan yy”. Bagi saya pertanyaan itu sama artinya bila seorang koki ditanya tentang kompor mana yang lebih bagus/menghasilkan makanan yang enak. Apakah kompor merek XX atau kompor YY?” tentu enaknya makanan tidak ditentukan 100% oleh kompor yang digunakan.  Namun begitu kita tetap harus memilih software/alat mana yang kita akan gunakan. Karena dengan alat bisa menentukan kecepatan kerja, biaya, fasilitas, dukungan, dll.

Baiklah mari kita bahas satu persatu bagaimana cara menentukan software animasi yang akan kita gunakan.

 1. Biaya

Bagi startup seperti saya tentunya faktor biaya sangat diperhitungkan. Banyak juga teman-teman yang memposisikan faktor harga diatas segalanya. Seperti kita ketahui bahwa Blender adalah software free opensource. Free disini sebenarnya lebih baik jika diartikan sebagai bebas bukan gratis. Karena mengembangkan software tentu membutuhkan dukungan dana juga. Namun tidak salah juga jika kita mengartikan free sebagai gratis. Karena tidak ada keharusan untuk membeli atau memberikan donasi pada pengembang. Untuk teman-teman diIndonesia tentu hal ini sangat baik. Sementara untuk software 3D lainnya tentu kita harus mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit (apa lagi bagi kebanyakan orang Indonesia). Namun jangan khawatir untuk teman-teman yang masih sekolah serta para guru dan dosen, Autodesk (3ds max dan maya) menyediakan software mereka secara gratis selama tiga tahun untuk keperluan pendidikan. Silahkan cek sendiri di websitenya.

3ds max gratis untuk pelajar

Dan saya menjatuhkan pilihan pada Blender untuk keperluan pekerjaan saya karena untuk membeli software 3ds max saya masih belum sanggup. Dan dengan Blender saya merasa lebih aman (dari masalah hukum) serta merasa nyaman di hati (karena halal tentunya).

2.  Fasilitas lengkap

Satu hal yang membuat saya terkagum-kagum pada blender adalah fasilitasnya yang lengkap. Kalo boleh dibilang blender adalah software yang “rakus”. Hampir semua fasiltas yang diperlukan 3D artist sudah tersedia didalamnya. Fasilitas apa saja yang sudah terdapat didalam blender? Mari kita lihat;

blender freeIlustrasi diatas menggambarkan betapa “rakusnya” Blender. Semua fasiltias ada dalam satu software

3d modeling, sculpt, compositing, video editing, motion tracking, game engine, smoke&fire simulation, fluid simulation.

Sementara saat saya menggunakan 3ds max maka saya akan menambahkan plugin untuk fasiltias: fire & smoke (efter burn), fluid (glu 3D). Atau saya akan membutuhkan software lain untuk fasilitas: sculpt (zbrush), video editing (adobe premiere), compositing (after effect), camera tracking (boujou), dan masih banyak lagi software lain yang saya perlukan agar selengkap blender.

Maka jika dihitung dalam rupiah kita sudah menghemat ratusan juta rupiah dengan menggunakan Blender.

Namun begitu saya melihat setiap fasilitas yang ada pada Blender masih belum sedalam dan sedetail jika dibandingkan dengan 3ds max. Sehingga meskipun kalah dalam jumlah fasilitas namun 3ds max jauh lebih detail pada setiap fasiltias yang ada.

3. Shotcut untuk efisiensi

Diawal-awal menggunakan blender, hal yang paling menyiksa adalah penggunaan klik kanan untuk menyeleksi objek serta banyaknya shotcut untuk melakukan perintah. Untuk penggunaan klik kanan dalam menyeleksi objek bahkan sampai sekarang saya masih sering lupa. Hal ini karena hampir semua software yang saya gunakan sehari-hari menggunakan klik kiri untuk menyeleksi objek. Dan masalah ini tidak saya alami sendiri, karena banyak teman-teman juga mengeluhkan hal yang sama. Namun jangan khawatir, kita masih bisa mengatur pilihan klik mouse dengan cara seperti berikut:

–          File > user preferences

–          Input > select with

–          Silahkan pilih Left untuk mengganti klik kiri

Namun saya tidak pernah menggantinya karena saya harus membiasakan menggunakan blender seperti apa adanya.

Untuk mengatasi masalah banyaknya shortcut saya hadapi dengan menuliskan setiap shortcut yang saya temui (ditutorial) lalu menempelkannya di sebelah layar monitor PC saya. Dan setelah 2 minggu saya menggunakan blender secara terus-menerus alhamdulillah sekarang saya sudah hafal semua shortcut utama blender.

Dan sekarang saya sudah merasakan manfaatnya. Dengan menggunakan shortcut pekerjaan kita akan menjadi lebih cepat daripada cara konvensional (klik icon perintah).

Pada video berikut anda akan melihat perbandingan kecepatan dalam penggunaan Blender dan 3ds max karena faktor keyboard shortcut

4.       Terus berkembang dengan cepat

Update software Blender terbilang sangat cepat. Hampir setiap dua atau tiga bulan sekali akan muncul versi baru. Sementara untuk semua software Autodesk (3ds max dan maya) sudah bisa dipastikan update mayor setiap satu tahun sekali. Perkembangan yang cepat di dunia industri dan respon dari pengguna akan ditanggapi dengan cepat oleh pengembang software Blender.

5.       Instaler yang kecil dan software yang ringan

3ds max and blender size

Tidak masalah jika kita berpergian tanpa membawa installer software blender. Soalnya kalaupun harus download tidak membutuhkan waktu yang lama. Mungkin hanya beberapa menit saja software Blender sudah berhasil didownload ke laptop kita. Tapi lain halnya dengan 3Ds max. Selain instalernya yang mencapai 1 DVD (4GB) softwarenya juga membutuhkan spesifikasi hardware yang relatif tinggi untuk diinstal.  Sehingga jangan berharap anda bisa menjalankan software 3ds max versi terbaru di notebook anda. Lebih baik gunakan blender bila laptop atau notebook anda memiliki keterbatasan spesifikasi.

Klik disini untuk mendownload software blender terbaru

Klik disini untuk mendownload versi trial 30 hari 3ds max

6.       Bisa diinstal di semua operating system (OS)

blender for windows mac and linux

Saat saya menggunakan 3ds max terus terang saya tergantung pada satu OS, yaitu windows. Karena memang software 3ds max hanya bisa diinstal di OS windows. Lain halnya jika kita menggunakan autodesk Maya, karena Maya kompatibel dengan tiga OS, yaitu windows, mac dan linux. Sama halnya dengan Blender, Blender juga sangat fleksibel terhadap OS. Ketiga OS tadi juga bisa dipasang Blender. Hal ini tentu memberikan kebebasan lebih kepada penggunanya saat ingin beralih OS.

3ds max for windows 64bit

7.       Alur kerja yang mudah

Dalam hal ini saya hanya bisa membandingkan antara 3ds max dengan Blender saja, karena memang dua software itu yang saya kuasai. Ada perbedaan besar saat saya mulai mengenal Blender. Teryata alur kerja kedua software ini berbeda jauh. Saya merasakan kerja di Blender alurnya lebih sederhana. Sebagai contoh, saat kita akan memodifikasi objek kotak menjadi bentuk lain:

Perintah

Blender

3ds max

Saat akan di edit Cukup merubah mode objek menjadi edit mode Diberikan modifikasi edit poly
Material Material sudah terdapat didalam objek Berikan satu slot material editor
Menjadikan particle Berikan fasilitas particle Buat particle objek, lalu di seting
Pencahayaan Nyalakan ambient occlusion Pada mode standar anda harus menseting lampu agar pencahayaan menjadi rata
Render engine Ganti menjadi cycles render Ganti menjadi Mental ray, lalu seting

Nah untuk teman-teman yang ingin cepat menguasai software Blender silahkan coba deh DVD tutorial dari Dody Animation berikut ini. Terbukti paling ampuh😀

PAKET EKONOMIS

promosi10

Atau yang ingin belajar software 3ds max juga bisa pakai DVD tutorial dari Dody Animation

Tidak perlu ragu untuk order. SMS aja ke 0857 4694 3222

Testimoni dari beberapa sahabat Dody Animation:

testimoni dody animation

testimoni tutorialtestimoni dvd tutorial blender

Leave a Reply

